Tahap Pengembangan dan Pengobatan Kanker Lambung

Terjadinya kanker lambung disebabkan oleh pertumbuhan sel lambung secara abnormal. Pertumbuhan sel abnormal ini dikarena oleh terjadinya perubahan genetic pada sel. Pada tahap awal, kanker lambung ini tidak menimbulkan geja, oleh sebab itu pengobatan kanker lambung ini pun sama halnya seperti penyakit maag.

Gejala awal yang ditimbulkan seperti perut kembung dan sering bersendawa, hal ini sering dianggap sebagai penyakit maag. Kanker lambung umumnya dapat terdeteksi ketika telah memasuki stadium akhir, dan hal ini memengaruhi cara mengobati kanker lambung yang diderita.

Pengobatan kanker lambung yang sesuai dapat diberikan dokter jika telah mengetahui perkembangan sel kanker yang tumbuh. Terdapat 4 jenis kanker lambung yang umum terjadi dan perlu anda ketahui.

  • Gastrointestinal Stromal Tumor, kanker lambung yang menyerang jaringan ikat atau otot-otot yang terdapat pada dinding perut.
  • Carcinoid tumor adalah kanker lambung yang menyerang bagian sel-sel peghasil hormone pada lambung.
  • Adenocarcinoma adalah jenis kanker lambung yang menyerang pada bagian sel-sel mukosa atau pelapis bagian dalam lambung.
  • Limfoma lambung merupakan jenis kanker lambung yang meyerang sel-sel imun yang terdapat pada bagian dinding lambung
READ  Coba Cara Mengobati Asidosis Berikut

Tahap Perkembangan

Kanker lambung dibagi menjadi 4 stadium berdasarkan tingkat keparahan dan penyebarannya.

  • Stadium 1 : pada tahap ini kanker berada pada jaringan dalam rongga lambung dan menyebar ke kelenjar getah bening dan sekitarnya.
  • Stadium 2 : pada tahap stadium 2, kanker telah menyerang lapisan otot lambung dan menyebar lebih banyak ke kelenjar getah bening.
  • Stadium 3 : pada tahap ini kanker telah menyerang seluruh bagian lambung dan pertumbuhan kanker kecil telah menyebar luas di kelenjar getah bening.
  • Stadium 4 : pada stadium ini penyebaran kanker telah menyebar ke organ lain.

Pengobatan

Pengobatan kanker lambung dilakukan dengan menyesuaikan kondisi kesehatan penderita secara umum, dan bergantung pada stadium kanker saat terdiagnosa serta usia penderita. Terdapat 4 jenis pengobatan yang sering dikombinasikan agar sel kanker dapat dibunuh dengan maksimal.

  • Kemoterapi adalah pengobatan yang dilakukan untuk membunuh sel-sel kanker melalui sejumlah obat yang diberikan kepada pasien. Obat-obat tersebut dapat berupa infus, tablet, atau kombinasi dari keduanya.
READ  Gejala, Penyebab, dan Diagnosis Kanker Lambung yang Perlu Anda Ketahui

Pengobatan dengan cara kemoterapi ini dilakukan selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Efek samping dari pengobatan jenis ini adalah mual, muntah, rambut rontok, berat badan yang menurun, anemia, diare. Namun, efek samping tersebut akan hilang setelah pengobatan dengan kemoterapi ini berakhir.

Pengobatan dengan cara kemoterapi ini biasanya dikombinasikan dengan operasi atau radioterapi.

  • Radioterapi adalah pengobatan yang dilakukan untuk membunuh sel-sel kanker dengan menggunakan sinar khusus. Sinar radiasi yang digunakan untuk membunuh sel kanker tersebut dapat berasal dari radiasi internal atau alat yang dipasang pada kulit dekat lambung penderita, atau dengan radiasi eksternal yakni dari peralatan khusus radiasi yang tersedia di rumah sakit.

Pengobatan dengan cara radioterapi harus dilakukan secara rutin. Meskipun pngobatan dengan cara ini tidak menyakitkan, namun tetap memiliki efek samping seperti mual, lelah, muntah, gangguan pada pencernaan, dan diare.

  • Operasi dilakukan untuk mengangkat kanker dari lambung. Operasi yang dilakukan bergantung pada tingkat keparahan kanker yang terlah menyebar.
READ  Gejala Asidosis yang Jarang Disadari

Metode gastroskopi dilakukan jika kanker baru berkembang pada lapisan dalam lambung atau masih pada tahap awal. Namun jika kanker telah menyebar ke seluruh bagian lambung, maka metode operasi yang digunakan adalah gastrektomi, yaitu pengangkatan sebagian atau seluruh lambung yang terkena kanker beserta kelenjar getah bening.

Pengobatan jenis ini dapat menimbulkan risiko komplikasi berupa infeksi, gangguan pencernaan, dan pendarahan.

  • Obat-obatan atau terapi obat bertarget adalah pengobatan untuk menyerang sel kanker, atau merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membunuh, merusak sel-sel kanker.

Lakukan cek kesehatan secara rutin agar penyakit kanker dapat terdeteksi sejak dini. Jika anda mengalami keluhan yang membuat anda semakin menderita, segeralah ke dokter untuk mendapat penanganan dan pengobatan yang tepat.

Sumber : halodoc.com