Mengenali Penyebab kanker air liur

Kanker kelenjar air liur adalah tumor ganas yang bermula pada salah satu kelenjar ludah dan sebagian besar tumor pada kelenjar ludah sebenarnya termasuk kategori tumor jinak . kelenjar ludah bertugas memproduksi air liur dan mengalirkannya ke mulut . pada air liur mengandung enzim yang membantu selama ini tubuh dalam mencerna makanan . dan dalam enzim ini juga menjadi antibodi untuk melindungi mulut dan tenggorokan dari infeksi . kanker kelenjar ludah dapat dikenali jika kamu mengetahui gejala gejalanya walaupun biasanya kanker air liur ini muncul tanpa diawali dengan gejala tertentu . dilansir dari alodokter biasanya penderita kanker air liur mengalami gejala :

  • Merasakan kesulitan menelan atau membuka mulut lebar lebar
  • Nyeri berkelanjutan di daerah kelenjar air liur yang biasanya tak kunjung hilang
  • Sebagain wajah akan melangalami mati rasa
  • Keluar cairan dari dalam telinga
  • Terdapat benjolan yang baisanya tidak terasa sakit atau pembengkakan disekitar rahang , leher atau mulut
  • Menimbulkan pipi menjadi bengkak
  • Otot yang terdapat pada satu sisi wajah akan berubah menjadi lemah
READ  Menangani Penyalahgunaan Narkotika Pada Remaja

Lalu setelah kita mengetahui gejala gejala dan tanda kanker air liur , sebenarnya penyebab apa yang harus dihindari ? kanker kelenjar ludah yang terjadi dpaat dikarenakan perubahan mutasi genetic yang terjadi pada sel kelenjar ludah tetap sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti dari mutasi genetic tersebut . walaupun begitu dilansir dari alodokter ditemukan faktor faktor resiko yang tentunya membuat seseorang lebih beresiko terkena kanker kelenjar air liur seperti berjenis kelamin laki laki , berusia lanjut , paparan bahan kimia yang terjadi baik ditempat kerja maupun dilingkungan rumah , memiliki keluarga dengan riwayat kanker kelenjar air liur , memiliki kebiasaan merokok dan minum alcohol , pernah terkena terpapar radiasi , dan kurang asupan nutrisi dan pola makan yang tidak sehat . tahukah kamu bahwa kanker air liut terbagi menjadi 3 jenis Yaitu :

  • Adenokarsinoma
READ  Kenali 5 Ciri-ciri Gejala Stress Jika Terjadi pada Anak

Jenis kanker air liur ini,  Kanker yang bermula pada sel sel kelenjar air liur tetapi kanker ini jarang terjadi

  • Karsinoma kistik adenoid

Jenis kanker air liur ini , Kanker yang secara perlahan tumbuh dan menyebar sepanjang saraf

  • Karsinoma mukoepidermoid

Jenis kanker air liur ini kanker yang paling sering terjadi dan biasanya akan timbul pada kelenjar parotis .

Pencegahan kanker kelenjar air liur ini dapat dilakukan walaupun sebenarnya sulit untuk dicegah karena belum diketahui apa penyebabnya . namun , resiko kanker kelenjar air liur ini dapat diturunkan dengan menghindari faktor resikonya seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi . ada beberapa langlah yang dapat dilakukan untuk berusaha mencegah kelenjar air liur dilansir dari alodokter seperti , mematuhi prosedur dan menggunakan alat pelindung diri bila ada di lingkungan yang terkontaminasi asbes dan debu seperti di area pertambahan , pabrik , atau industry pertukangan , menghindari konsumsi makanan yang tidak sehat , seperti daging tinggi lemak dan tinggi kolesterol dan yang terpenting jangan merokok atau menjadi perokok aktif kebiasan ini harus dihapuskan karena memang merugikan tubuh dan menimbulkan gangguan kesehatan lainnya serta mengonsumsi alcohol secara berlebihan juga perlu karena minuman alcohol sangat tidak baik bagi kesehatan .

READ  Gejala Asidosis yang Jarang Disadari

Sumbergambar : kitabisa.com