Coba Cara Mengobati Asidosis Berikut

Pengobatan asidosis tidak boleh sembarangan karena harus memperhatikan penyebabnya. Bagi sebagian orang, asidosis akan sembuh tanpa melalui pengobatan dan penyebabnya hanya bersifat sementara. Sehingga, identifikasi gejala, penyebab dan tanda yang muncul sangatlah penting sebelum cara mengobati asidosis dilakukan. Apalagi pemahaman terhadap keseimbangan asam dan basa membutuhkan apresiasi pada pengertian dan prinsip dasar dari proses fisiologis yang kompleks. Sebelum komplikasi dari masalah kesehatan lain terjadi, sebaiknya pencegahan dan pengobatan asidosis segera dilakukan.

Asidosis metabolik merupakan asidosis yang disebabkan oleh adanya perubahan yang memengaruhi sirkulasi darah, pencernaan dan ginjal. Penyebabnya bisa jadi karena :

  • Ketoasidosis diabetikum

Penumpukan asam atau keton disebabkan oleh tubuh yang membakar lemak daripada gula.

Asidosis hiperkloremik disebabkan oleh diare dan munta. Kondisi ini menyebabkan tingkat basa yang rendah yang dinamakan bikarbonat. Bikarbonat bisa membantu menyeimbangkan asam di dalam darah.

  • Fungsi ginjal buruk.

Asidosis tubulus ginjal disebabkan oleh penyakit ginjal dan gagal ginjal. Kondisi ini terjadi karena ginjal tidak bisa mengeluarkan asam melalui urin dengan baik

  • Asidosis laktat

Kondisi ini terjadi karena tubuh tidak memanfaatkan asam laktat dengan baik. Gagal jantung, henti jantung dan sepsis berat adalah penyebabnya.

  • Diet
READ  Gejala, Penyebab, dan Diagnosis Kanker Lambung yang Perlu Anda Ketahui

Makanan dari produk hewani yang dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan asam yang banyak di dalam tubuh.

  • Olahraga

Tubuh Anda bisa memproduksi lebih banyak asam laktat apabila Anda tidak mendapatkan oksigen yang cukup dalam jangka waktu latihan intensif.

Penyebab asidosis lain seperti :

  • penyalahgunaan alkohol atau narkoba
  • obat yang memperlambat pernapasan contohnya benzodiazepin, obat tidur, obat pereda nyeri, dan narkotika tertentu
  • Kondisi seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), pneumonia, dan sleep apnea dapat menyebabkan jenis asidosis lain yang disebut asidosis pernapasan. Kondisi ini terjadi apabila paru-paru tidak mampu menghembuskan karbon dioksida dengan benar. Jumlah karbon dioksida yang terlalu banyak bisa meningkatkan kadar asam darah

Cara mengobati asidosis secara umum yaitu :

  • Pencegahan agar tubuh tidak memproduksi terlalu banyak asam
  • Membuang asam yang berlebihan
  • Buffering acid dengan basa yang bertujuan untuk meyeimbangakn keasaman darah

Cara lain untuk mengobati asidosis yaitu :

  1. Kompensasi pernapasan

Tes gas darah akan ddilakukan jika Anda mengalami asidosis pernafasan. Tes ini akan menunjukkan kadar karbondioksida yang tinggi. Tes pernafasan merupakan tes lain untuk mendiagnosis asidosis metabolik yang bertujuan menunjukkan seberapa baik paru – paru bisa bekerja. Tes lain seperti CT-scan dan rontgen dada bisa diplih untuk memeriksa infeksi paru – paru atau penyumbatan.

READ  Mengenali Penyebab kanker air liur

Perawatan untuk pernafasan bagi asidosis metabolik yaitu : obat bronkodilator (inhaler ventolin), oksigen, obat steroid, mesin ventilasi (CPAP atau BiPaP), mesin pernafasan (untuk kasus yang parah), pengobatan untuk berhenti merokok dan  kompensasi metabolik.

  1. Pengobatan diabetes

Diabetes adalah penyebab dari asidosis metabolik yang tidak terkontrol dan tidak diobati seperti pengobatan untuk diabetes. Tes darah akan dipilih jika Anda mengalami ketoasidosis ddiabetik. Tujuannya adalah mengetahui kadar gula darah tinggi (hiperglikemia). Pengobatannya berupa penyeimbangan kadar gula darah yang membantu tubuh untuk menghilangkan dan pemberhentian pembuatan asam , seperti : insulin, obat diabetes, cairan, elektrolit (natrium, klorida, kalium).

  1. IV natrium bikarbonat

Perawatan intervena dengan basa yang dinamakan natrium bikarbonat merupakan salah satu cara untuk menyeimbangkan asam di dalam darah. Cara ini dipilih untuk mengobati keadaan yang menyebabkan asidosis karena kehilangan bikarbonat (basa). Hal ini bisa terjadi karena beberapa keadaan seperti muntah, diare dan ginjal.

  1. Hemodialisis
READ  Menangani Penyalahgunaan Narkotika Pada Remaja

Pengobatan untuk penyakit ginjal serius atau gagal ginjal adalah dialisis. Untuk masalah ginjal kronis, tes darah bisa mendeteksi tingkat urea yang tinggi dan jenis asam lain. Selain itu, tes urin juga bisa menunjukkan seberapa baik ginjal dapat bekerja. Dialisis bisa menghilangkan limbah dan asam dari darah. Mesin akan menyaring darah serta menghilangkan cairan ekstra dan limbah. Dialisis peritoneal merupakan pengobatan yang menggunakan solusis di dalam tubuh dengan tujuan menyerap limbah.

  1. Perawatan lain untuk asidosis metabolik

Cara mengobati asidosis lain yaitu EKG (elektrokardiagram), tes darah dan pengecekan tekanan darah bisa dilakukan. Masalah jantung akan terlihat yang bisa menyebabkan asidosis metabolik. Detoksifikasi bisa dipilih untuk mengobati asidosis metabolik yang disebabkan oleh keracunan alkohol dan obat. Hemodialisis ddipilih untuk membersihkan racun. Ketidakseimbangan asam dan basa bisa dilakukan dengan tes darah ddan tes fungsi hati. Keduanya bisa mendeteksi tingkat keracunan.

 

Sumber :

emedicine.medscape.com

www.healthline.com

Sumber gambar :

Amazine.co