Cara pengobatan kanker air liur

Kanker kelenjar air liur adalah tumor ganas yang bermula pada salah satu kelenjar ludah dan sebagian besar tumor pada kelenjar ludah sebenarnya termasuk kategori tumor jinak . kelenjar ludah bertugas memproduksi air liur dan mengalirkannya ke mulut Tahukah kamu bahwa ? dilansir dari alodokter , kelenjar ludah terdiri dari 3 pasang kelenjar yaitu :

  1. Kelenjar sublingual

Kelenjar ini adalah kelenjar yang berukuran paling kecil diantara kelenjar lainnya . kelenjar sublingual berada disetiap sisi lidah dan mulut .

  1. Kelenjar submandibular

Kelenjar ini adalah kelenjar yang terdapat di bawah tulang rahang ini dan mengeluarkan air liur dibawah lidah .

  1. Kelenjar parotis

Kelenjar ini adalah kelenjar terbesar yang ada dibawah telinga bagian depan dan biasanya tumor kelenjar ludah ini terjadi pada kelenjar parotis.

Dilansir alodokter  dalam tahap awal dokter akan melakukan diagnosis untuk menentukan apakah seseorang terkena kanker air liur atau tidak , seperti menanyakan gejala yang diderita , faktor resiko sekaligus riwayat kanker dalam keluarga si penderita kanker air liur ini . kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dengan memriksa mulut , tenggorokan serta kulit jika pasien menderita kelumpuhan di saraf wajah . setelah ini akan banyak serangkaian pemeriksaan diatas dilakukan , dan dokter juga akan melakukan tes penunjang untuk memastikan diagnosis da nada beberapa tes penunjang pemeriksaan kanker air liur sebagai berikut :

  1. Biopsi
READ  Tahap Pengembangan dan Pengobatan Kanker Lambung

Biopsy dilakukan dengan cara mengambil sampel tumor dkelenjar air liur untuk dibawa dan diperiksa di laboratorium .

  1. Endoskopi

Pemeriksaan pada endoskopi ini dengan cara menggunkan alat khusus berbentuk selang kecil yangakan disebut endoskop dan alat endoskop akan dimasukkan ke dalam mulut menuju arah organ yang ingin diperiksa .

  1. Pemindaian

Pemindaian dilakuakn dengan mengetahui letak kanker dan penyebaran . pemindaian dapat dilakukan dengan foto rontgen , CT scan atau MRI .

Setelah melalui rangkaian ketiga tes penunjang pemeriksaan tadi dan melewati ketiga pemeriksaan awal tadi pemeriksaan agar dapat mengetahui  ukuran tingkat keganasan dan penyebaran kanker air liur maka akan ditemukan macam macam tingkatan kanker yaitu stadium 1 , stadium 2 , stadium 3 , dan stadium 4. Itulah macam macam tingkat keparahan kanker . setelah itu baru kita akan melakukan pengobatan kanker air liurnya nya . dilansir dari alodokter ada beberapa pengobatan seperti

  • Operasi
READ  Kenali 5 Ciri-ciri Gejala Stress Jika Terjadi pada Anak

Dokter akan emngangkat kanker . jika kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening dan dokter juga akan melakukan pengangkatan kelenjar getah bening . kemudian akan terjadi pembedahan dan juga akan dilakukan radioterapi bertujuan untuk membunuh sel kanker yang tersisa atau terapi adjuvant

  • Radioterapi

Dengan menggunakan sinar khusus yang dapat membunuh sel kanker dan menghentikannya pertumbuhannya , ada dua jenis terapi radiais , yaitu

  • Terapi radiasi eksternal , terapi ini menggunakan alat khusus yang berputar mengelilingi kepala dan leher serta sambil mengirimkan radiasi kedalam tubuh pasien .
  • Terapi radiasi internal , terapi ini menggunakan subtansi radioaktif dalam alat khusus yang juga akan dimasukkan ke dalam tubuh atau ditempatkan disekitar kanker
  • Kemoterapi
READ  Menangani Penyalahgunaan Narkotika Pada Remaja

Ini dilakukan dengan menggunakan obat yang diminum atau disuntik , bertujuan utama untuk pengobatan menghentikan pertumbuhan kanker dengan membunuh atau menghentikan sel kanker membelah diri .

Sumbergambar : health.detik.com